Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









8.31.2008

BERKAT & MANDATE

Khotbah


BERKAT DAN MANDATE
BAGI GEREJA SEGALA ZAMAN !

Oleh: Hotben Siahaan, M.Min


Pendahuluan

Kejadian 1:28 MANDATE PERTAMA TUHAN ALLAH KEPADA MANUSIA

Mari kita mulai dari ayat 26,
1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."
1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Dalam Bhs Indonesia sehari-hari dikatakan” Kemudian diberkati-Nya mereka dengan ucapan "Beranakcuculah yang banyak, supaya keturunanmu mendiami seluruh muka bumi serta menguasainya. Kamu Kutugaskan mengurus ikan-ikan, burung-burung, dan semua binatang lain yang liar.

Setelah Allah memberkati manusia,ada mandate (perintah) pertama yang disampaikan yaitu:

1. BERANAKCUCU dan BERTAMBAH BANYAK

Alkitab sangat mndukung pembangunan keluarga yang menjadi alat kesaksian dan mitra kerja-Nya bagi pelestarian hasil cipta Tuhan pula.

a- Kejadian 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
b - Matius 19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
- 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Sementara Tuhan merencanakan kehadiran rumah tangga, keluarga menurut gambar-Nya, tetapiu Iblis juga merusak manusia dengan moral yang rusak dan tidak menurut firman Tuhan. Lihatlah, keluarga Lot !

Kejadian 19:31 Kata kakaknya kepada adiknya: "Ayah kita telah tua, dan tidak ada laki-laki di negeri ini yang dapat menghampiri kita, seperti kebiasaan seluruh bumi.
19:32 Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita."
19:33 Pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu masuklah yang lebih tua untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
19:34 Keesokan harinya berkatalah kakaknya kepada adiknya: "Tadi malam aku telah tidur dengan ayah; baiklah malam ini juga kita beri dia minum anggur; masuklah engkau untuk tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita."
19:35 Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
19:36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka.
19:37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang sekarang.
19:38 Yang lebih muda pun melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ben-Ami; dialah bapa bani Amon yang sekarang.
Coba perhatikan, bagaimana kehidupan laki-laki dan perempuan, pernikahan, rumah tangga di akhir-akhir ini ?
Perselingkuhan, sodomi, ayah merusak anaknya sendiri, anak minta ditiduri bapanya – anak-anak Lot, para gay, homo dinikahkan di gereja, poligami………..orang tidak mau kawin, trauma, main serong,ada yang setelah berumah tangga tak mau punya anak…..dan semua ini tidak sejalan dengan rencana Tuhan.

2. PENUHILAH BUMI dan TAKLUKKANLAH ITU
Nimrod memenuhi bumi dan menaklukkan kota-kota tetapi dia tidak meneruskan mandate Tuhan yang pertama.

Kejadian 10:8 Kush memperanakkan Nimrod; dialah yang mula-mula sekali orang yang berkuasa di bumi;
10:9 ia seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN, sebab itu dikatakan orang: "Seperti Nimrod, seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN."
10:10 Mula-mula kerajaannya terdiri dari Babel, Erekh, dan Akad, semuanya di tanah Sinear.
10:11 Dari negeri itu ia pergi ke Asyur, lalu mendirikan Niniwe, Rehobot-Ir, Kalah
11:1 Adapun seluruh bumi, satu bahasanya dan satu logatnya.
11:2 Maka berangkatlah mereka ke sebelah timur dan menjumpai tanah datar di tanah Sinear, lalu menetaplah mereka di sana.
11:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita membuat batu bata dan membakarnya baik-baik." Lalu bata itulah dipakai mereka sebagai batu dan tér gala-gala sebagai tanah liat.

Lihatlah, Tuhan memberi mandate supaya manusia bertambah banyak dan memenuhi bumi dan menguasainya, sekarang datang pula pemimpin bangsa Babel yang membuat undang-undang larangan bepergian keluar negeri.


TAKLUKKANLAH ITU ! (Taklukkanlah Bumi ) TETAPI tidak lakukan mandate Tuhan.
11:4 Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi."
11:5 Lalu turunlah TUHAN untuk melihat kota dan menara yang didirikan oleh anak-anak manusia itu,
11:6 dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana.
11:7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."
11:8 Demikianlah mereka diserakkan TUHAN dari situ ke seluruh bumi, dan mereka berhenti mendirikan kota itu.

Untuk menjawab ini: Tuhan memberi mandate kedua pada masa Perjanjian Baru dan untuk kita sekarang:

Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

MAZMUR 72:19 Dan terpujilah kiranya nama-Nya yang mulia selama-lamanya, dan kiranya kemuliaan-Nya memenuhi seluruh bumi. Amin, ya amin.
Pada masa penyebaran Injil di abad 18, bangsa kulit putih menerima firman ini sebagai mandate yang harus dilakukakan, seperti: Nommensen di tanah batak, Denninger di Tanah Nias, Hudson Taylor di Tiongkok, Adoniram di Myanmar…… bagaimana dengan kita ?

Adakah kita mempersiapkan para misionaris ke bangsa-bangsa lain, atau suku bangsa di Indonesia?

3. BERKUASALAH atas ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Dalam hal ini ada dua hal:

Pertama dalam hal umum, area : Coba ingat kembali bangsa manakah yang sangat menguasai dan pionir sesuai ayat firman Tuhan ini ?

Teknologi, industri : kehutanan, hasil bumi, pendidikan, sains…….semua dikuasai barat bangsa penerima Injil dan penyebar Injil di awal mula…..Lihat dalam pekerjaan misi juga hampir di seluruh bumi ini orang-orang kulit putih mempunyai peranan penting. Kita sering menjumpai para misionaris ada dimana-mana. Bahkan lembaga-lembaga pendidikan, kesehatan, perbankan semua milik asing barat.

Di negeri kita saja berapa banyak proyek-proyek yang dikuasai bangsa kulit putih ? Seperti Freeport di Papua, Caltex di Riau dan banyak lagi, proyek yang melibatkan barat.

Bahkan berpuluh-puluh tahun kemudian, bangsa-bangsa Asia yang punya pengaruh barat juga semakin berkibar di hampir seluruh bumi ini. Lihat Korea, Singapura, Cina bahkan India. Bangsa-bangsa ini adalah bangsa yang pemimpin dan para pengusahanya sangat dipengaruhi oleh Injil.

Dalam hal rohani
Lukas 10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu
KPR 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Sudah menjadi trade mark yang patent, seorang anak Tuhan memiliki kekayaan dan kekuatan rohani semacam ini. Ia mampu mengalahkan setan, kuasa gelap dan kekuatan musuh apapun bentuknya.

Suatu pengalaman ketika menginjil di Batam, seorang pemuda yang sudah tak normal, kemana-mana telanjang, tetapi ketika didoakan Tuhan membebaskan dia.

Seorang ibu di Pomalaa Kolaka Sulawesi Tenggara, yang kena santet dan empat tahun dikungkung dalam kamar yang pengap, dan ketika kami doakan iapun dilepaskan Tuhan, dan menjadi sehat. Haleluya.

Di Rengasdengklok, dalam kebaktian raya sore pukul 5, seekor ular kobra ada di kaki kami, entah dari mana ia masuk kita tidak tahu, tetapi ketika kita berdoa, ular itupun mati, dan kita tidak ada cedera, Puji Tuhan !

Ada banyak pengalaman luarbiasa dari Tuhan, dan itu tanda bahwa Tuhan ada bersama-sama dengan kita.

Akhirnya, marilah, kita bangkit lakukan mandate Tuhan yang Ia percayakan kepada kita, sehingga seluruh bumi dipenuhi dengan kemuliaan Tuhan kita, amin.

Disampaikan di GPdI Siloam Palabuhanratu, 8 Juni 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar