Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









10.27.2010

TIPS BELAJAR KEYBOARD TUNGGAL

Pengarang : Hotben Siahaan


Pengantar....

Kemana pun aku pergi yang menjadi perhatianku adalah musik gereja.

Dan ketika masuk dalam satu pertemuan ibadah baik besar maupun kecil banyak kujumpai penatalayanan musik yang terkesan asal jadi, sebutlah persoalan nada dasar yang ketinggianlah, style yang gak pas atau chords yang nggak tepat. Dan bila kutanya mengapa bisa demikian ? Jawabnya nggak ada buku penuntun atau guru pembimbing !

Karena itu, mengadakan pelatihan berdasarkan buku yang kami susun kami harapkan dapat memberi solusi bagi rekan-rekan pemain musik untuk mempercantik harmony musik di gereja kita masing-masing sehingga jemaat dan semua umat Tuhan semakin senang memuji Tuhan dan banyak jiwa datang pada Dia.

Demikian pelatihan dan buku ini kami susun, dan bila Saudara ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang pelayanan musik gereja beberapa buku modul telah kami susun secara alkitabiah dan dilengkapi dengan pengalaman penyusun melayani di negara-negara ASEAN, seperti WORSHIP LEADER, REVOLUSI MUSIK GEREJA, TEKNIK MENGUASAI PANGGUNG, TEKNIK REKAMAN dan yang lainnya yang dikemas dalam bentuk buku dan VCD.

Atas kepercayaan Saudara bertumbuh bersama ASIANCROSS kami ucapkan terimaksih, Tuhan Yesus memakai Saudara senantiasa.

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU :

Lagu-lagu dalam buku ini adalah lagu-lagu pilihan yang sering dipergunakan di setiap ibadah kita serta ditambah beberapa lagu karangan penulis.

Untuk memudahkan Saudara berlatih telah dicantumkan Style, Tempo dari 4 jenis keyboard seperti Korg, Yamaha, Roland dan Tehnics serta Key Chords berikut Not Intro dan pilihan Voice yang sangat perlu untuk memandu worship leader dan jemaat bernyanyi dengan harmonis dan terarah.

Bila Saudara rajin berlatih maka tidak lama Saudarapun semakin mahir dan dapat memuridkan orang-orang lain untuk memperlengkapi team musik di gereja Saudara..

INVESTASI…..sekarang !

Tuhan mencari pemimpin musik yang dahsyat seperti Daud !

Untuk melatih jari-jemarinya ia mengasahnya dengan rahang singa lapar dan membungkam auman beruang liar dengan suaranya. Dengan demikian ia mampu melumpuhkan semua musuh hingga menggeser raja Saul dari singgasananya.

Korelasi Musik dengan Pertumbuhan Gereja

Maraknya penindasan gereja di Indonesia dan di berbagai belahan bumi pertanda gereja harus bangkit dan tinggikan Yesus. Sebagaimana persoalan Musa dengan Mesir adalah kepentingan umat Israel beribadah kepada Tuhan Allah, dimana di dalam unsur ibadah adanya bunyi-bunyian musik, maka dengan tidak tanggung-tanggung Tuhan memberi kuasa puji-pujian kepada Musa, Mariam dan Yosua untuk memimpin Israel keluar dari Mesir.

Ribuan tahun setelah Musa, tampillah gembala kecil dengan kecapi di tangan menghalau musuh Israel bahkan menggeser raja Saul dari singgasananya. Bahkan Perjanjian Baru mencatat bahwa gembala-gembala Efrata juga telah menggemparkan dunia dengan suara nyanyian mereka sehingga banyak orang mendengar berita tentang datangnya Mesias, dan dilanjutkan dengan kegagahan Paulus memberitakan Injil di kota berhala Efesus yang memuja dewi Artemis,.sehingga terjadi kekacauan besar di gedung kesenian yang menjadi kebanggaan Asia.

Tiga tokoh besar ini diperlengkapi dengan Roh Tuhan. Berani, cerdas, tegar punya strategi yang tepat serta pandai berdiplomasi.

Worship Leader dan Music Leader adalah dua kekuatan yang penting membangun gerejaNya. Mereka bukan di dapat dari terminal bus atau pasar loak, tetapi mereka adalah orang-orang yang digodok di padang belantara yang buas namun diikat oleh Roh Tuhan sehingga mampu tampil membawa nama Tuhan di antara bangsa-bangsa pemberontak.

Jangan sepelekan tugas ini. Bila gereja Saudara mau berkemenangan dan menjadi pusat penyembahan kepada Tuhan, maka investasikan orang-orang yang terpanggil dalam kegerakan musik gereja untuk mengajar bangsa-bangsa tunduk dan setia memuji-muji Tuhan.

Firman Tuhan kepada Musa : Oleh sebab itu tuliskanlah nyanyian ini dan ajarkanlah kepada orang Israel, letakkanlah di dalam mulut mereka, supaya nyanyian ini menjadi saksi bagi-Ku terhadap orang Israel” (Ulangan 31 : 19 ).

KEYBOARD

Kehadiran perangkat musik keyboard tunggal di gereja dan pelayanan di Indonesia memang sudah tidak asing lagi. Tetapi tingkat perhatian hamba Tuhan dan jemaat terhadap musik yang baik dalam ibadah masih belum maksimal. Ini tidak menjadi patokan, tetapi sudahlah sepatutnya gereja minimal mempersiapkan pelayanan musik yang baik untuk beribadah pada Tuhan. Hal ini dapat diatasi dengan hadirnya satu keyboard tunggal berikut pelayannya yang mengerti dasar-dasar pelayanan musik dan pengurapan Allah turun atasnya.

Tips Berlatih

Bagaimana calon pemain keyboard mempersiapkan diri ?

Fingering

Mainkan kelima jari kanan Anda atau kiri pada posisi C menekan 1 2 3 4 5 berulang-ulang.

Posisi tangan

Letakkan jari pada posisi tuts sesuai dengan yang sebenarnya.

Arrange

Menata iringan musik lengkap dalam keyboard Anda sesuai keinginan.

Style

Memilih style atau irama musik dari keyboard sesuai dengan lagu yang diinginkan.

Tempo

Bila style sudah diatur, menentukan tempo pada sebuah komposisi lagu sangat penting.

Intro

Sebagai melody pembuka ini sangat penting. Karena ini akan menuntun Worship Leader dan seluruh jemaat mendapatkan tone yang akan mereka ikuti. Buatlah melody intro yang sederhana, gampang ditangkap dengan warna tone yang jelas sesuai karakter lagunya. Bedakan intro untuk lagu penyembahan dengan intro lagu pujian. Sebagai contoh melody intro penyembahan dapat memilih tone piano, flute, biola atau apa saja yang sesuai. Sedang untuk intro pujian dapat memilih tone brass, trumpet, rock organ atau yang sesuai.

Tone / Voice Colour

Pilih tone yang sesuai dengan karakter lagu. Bila tidak tepat komposaisi musik yang Anda mainkan akan kurang menyentuh jiwa.

Interlude

Buatlah melody sebagai jembatan di tengah-tengah lagu. Mudah dan dengan warna tone yang jelas sesuai karakter lagu.

Ending

Kalau Anda sudah membuat intro yang baik, buat juga melody ending, penutup yang baik sehingga klimaks keseluruhan komposisi yang Anda mainkan sempurna.

Melody

Buatlah catatan not melody yang berbeda pada setiap komposisi lagu supaya jemaat pendengar dapat mengikutinya dengan benar.

Rhythm Section

Frase atu penggalan-penggalan musik dalam bentuk chord yang akan menciptakan dinamika musik Anda semakin hidup. Biasanya untuk lagu-lagu cepat dan bergembira.

Improvisasi

Seorang yang trampil akan memainkan improvisasi musik dengan lincah. Ia mampu meramu perpaduan melody dan chord yang sering-sering muncul dalam satu komposisi lagu. Permainan ini sanggup membangkitkan jiwa jemaat pendengar untuk mengekspresikan penyembahan dan pujiannya kepada Tuhan.

Modulasi

Dalam waktu-waktu tertentu teknik modulasi dapat dimainkan. Jangan berlebih-lebihan karena akan mengganggu telinga pendengar dengar tone yang cempreng itu sehingga mereka harus mengerutkan dahi tanda tak suka.

Teknik Over tone

Overtone diperlukan bukan saja karena ingin naik tone sebab kerendahan. Tetapi ini perlu untuk mengangkat jiwa jemaat pendengar dalam mengekspresikan penyembahan dan pujian mereka.

Catatan :

Berlatihlah dengan tekun sehingga setiap point-point di atas dapat dimainkan secara spontanitas.


BASIC BERMAIN KEYBOARD

Posisi Tangan Kiri

Letakkan jari kelingking kiri (Jari no 5) pada tuts keyboard di posisi C tengah seperti terlihat pada gambar.

Jika keyboard Anda jenis Upper and Lower manual (Electon), letakkan jari di bahagian Lower Manual.

Posisi Tangan Kanan

Letakkan jari jempol (Jari ke 1) pada tuts C di bawah Middle (Oktaf 2). Sperti terlihat pada gambar.

Jika keyboard Anda jenis Upper & Lower Manual, letakkan jempol kanan di bahagian Upper Manual.

Bermain 5 jari untuk 8 not

Posisi Tangan Kiri

Posisi Tangan Kiri dan kanan sama-sama

Latihan 1 Mainkan Chord C menggunakan jari kiri menurut bar dan tempo.

1 2 3 4 5 5 7 8

C… /C…/C…/C…/C…/C… /C…/C…1234 dst….

Latihan 2 Mainkan Chord C menggunakan jari kiri menurut bar dan tempo.

1 2 3 4 5 6 7 8

C . C. / C . C . / C . C . / C . C . / C . C . / C . C . / C . C ./ C . C . /

Latihan 3 Mainkan Chord C menggunakan jari kiri menurut bar dan tempo.

1 2 3 4 5 6 7 8

CCCC / CCCC / CCCC / CCCC / CCCC / CCCC / CCCC / CCCC /

Latihan 4 Mainkan Chord C menggunakan jari kiri menurut bar dan tempo.

1 2 3 4 5 6 7 8

 / C… / C… / C . C . / C . C . / CCCC / CCCC / C . C . / C…/

L atihan S c a l e Melody

Gunakan jari kanan

1 2 3 4 5 . . . 1 2 3 4 5

5 4 3 2 1 . . . 5 4 3 2 1

1 2 3 1 2 3 5 5 1 2 3 1 2 3 1 1

2 3 4 2 3 4 5 . 2 3 4 2 3 4 5 .

3 4 5 . 3 4 5 . 5 4 3 1 2 3 1


TIPS UNTUK Keyboardist

Persiapan Rohani

1. Menjaga kekudusan

2. Menyalibkan keinginan daging

3. Peka aliran kuasa Roh Kudus

4. Berakar dan bertumbuh dalam firman Tuhan

5. Doa dan Puasa bekal rohani yang kuat


Persiapan Teknik

1. Menguasai peralatan musik dengan baik

2. Menguasai audience, jemaat pendengar

3. Persiapan materi lagu

4. Persiapan dengan Worship leader


Penguasaan Pentas

1. Bermain musik, bernyanyi sambil berdoa

2. Peka aliran Roh Kudus

3. Controlling semua sumber suara

4. Tampillah dengan gaya dan penampilan yang enak dilihat sesuai etika pelayan Tuhan

5. Hindari penggunaan asesories pakaian yang mencolok dan tidak sesuai etika pelayan

6. Cekatan memainkan musik spontanitas, walau tanpa persiapan latihan baik bersama jemaat atau oleh tamu pengkotbah atau penyanyi


Evaluasi

1. Evaluasi pelayanan bersama team musik, setiap kali pelayanan usai

2. Waspada terhadap musik sekuler yang bisa menyeretmu jauh dari Tuhan !

3. Awas sound dan karakter assesoris musik yang tidak membangun jiwa karena pengaruh lingkungan musik sekuler.

Perawatan & Inovasi

1. Rawatlah alat musik anda dengan baik dan nyaman

2. Tambahkan pengetahuan dan skill musik Anda,baik dalam skill musik atau pemahaman musik. Jangan puas dengan kemampuan yang ada sekarang

3. Inovasi dan rasa ingin tahu akan membawa kita lebih tahu banyak daripada teman-teman

4. Belajarlah kepada yang mempunyai ilmu, skill dan takut akan Tuhan

5. Mainkanlah lagu-lagu nyanyian ibadah yang baik, yang tidak terkontaminasi dari musik-musik sekuler.


Teknik Cepat Bermain Musik

1. Mengenal perangkat keyboard diawal pelatihan

2. Belajar membuat komposisi yang sederhana

3. Berani berimprovisasi, try and error playing

4. Bermain sambil bernyanyi sendiri

5. Belajar mengiringi jemaat dalam kumpulan kecil

6. Belajar mengiringi vokal group

7. Melayani pada ibadah raya atau KKR


Teknik Audio, Stage & Recording

1. Mengenal peralatan musik akustik dan elektrik

2. Controlling sound di atas panggung

3. Eksperiman di studio rekaman


Perlu Dihindari

1. Hindari rasa malu untuk belajar

2. Hindari rasa malas untuk berlatih

3. Hindari penggunaan system transfose nada

4. Hindari demam panggung

5. Hindari ngobrol saat berlatih

6. Hindari berbisik-bisik saat pelayanan

7. Hindari rasa hebat dan menyepelekan orang lain

8. Hindari sanjungan berlebih-lebihan

9. Hindari pengaruh musik pop dalam pelayananmu

10. Hindari pergaulan yang menyeretmu jauh dari Tuhan


Perlengkapan pemain keyboard

1.Buku musik, kaset, cd lagu

2.Buku Catatan daftar lagu ibadah

3.Asesories keyboard seperti : sustain, disket, cd



Bagaimana Mengembangkan pelayanan musik

1.Mengikuti perkembangan musik gereja secara umum

2.Mengikuti perkembangan industri musik melalui kaset, vcd, media cetak, radio, tv dan internet

3.Mengikuti seminar atau pelatihan musik secara berkala

4.Terlibat dalam komunitas musik kristen


Belajar terus...dan layanilah Tuhan !

3 komentar:

  1. Pengalaman sebelum bisa maen kibor ah lucu...
    taon 1984 masa DO di sekitar jalan Pramuka Jakarte, gabunglah aku dengan anak-anak rantau dari berbagai daerah d Jakarte. Ada group seniman yang namanya macam-macam. Seniman gedung Pola..., seniman Pisces Group, terus ada kumpulan para wartawan, tukang ngamen, pedagang kaki lima, tukang palak, pencari bakat hingga musisi dan artis.

    Di antara teman-teman memang aku agak sedikit buat jarak karena umumnya mereka suka merokok dan minum secara belebihan, sedang aku ya dikit dikit ajalah, sebab terfokus pada keinginan jadi musisi sebagai konsekwensi karena sudah DO tadi.

    Beberpa waktu berjalan, datanglah seorang kawan baru dari Surabaya, dan ia juga mau menguji ketrampilan musik tapi sayang kami hampir sama belum pandai main musik. Dengan kesepakatan yang gila-gilaan itu, kami berdua pergi menyaksikan konser musik di Ancol, di Pasar Seni...Inilah kawasan mentas group band di masa itu.

    Aku dan Mas Tono sangat minat bangat, menyaksikan para penampil. Ada yang bagus tapi ada juga yang memble, maennya belum bisa gitu lha. Tapi seluruh kegiatan mentas malam itu telah melahirkan banyak inspirasi.

    Besoknya kami berdua, berlatih musik. Tapi sayang kami tak ada alat musik yang seperti anak band maenkan di Ancol itu. Kami hanya main alat musik abal-abal. Gitarnya karatan yang murahan, trus aku yang getol main kibor cuma bisa mencet mencet kasio tone yang kalo dipencet keras terus matilah orgen itu, ha ha ha....dasar organ maenan bocah yang kami pinjam.

    Waktu terus berjalan, kami jalan jalan ke toko alat musik di Duta Merlin Jakarta Kota, hanya sekedar lihat dan pencet pencet, cocokkan jari...karena belum tahu betul bagaimana letak tangan yang sebenarnya. Udah itu pulang. Gak beli aa-apa, ya paling brosur aja yang diborong...

    Tapi tahukah anda, brosur yang ada gambar keyboard itu menjadi media kami belajar. Gambar tuts keyboard itulah kami pencet seolah olah main kibor. ha ha ha...dasar ...cerdik....gak punya ! lho !

    BalasHapus
  2. main musik bikin sehaat,...memuji Tuhan senangkan Tuhan !

    BalasHapus
  3. Batu NIah, Miri, Sarawak......

    Selamat petang Tuhan Yesus memberkati kawan2 semua !

    BalasHapus