Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









9.15.2011

ASIANCROSS Radio Pemenang ! "JOM MENGINJIL"

JOM BELAJAR DAN MELAYANI TUHAN.......
By: Hotben Siahaan

Mengawali tahun baru 1 Januari 2011, Roh Kudus ingatkanku tentang topik pelajaran meginjil yang kutulis dalam buku, blog dan fb....Aku lihat banyak peluang penginjilan terbuang begitu saja, sementara pihak dari agama lain giat melakukan misi mereka....

Dalam tugasku di Kuala Lumpur, Malaysia sejak 17 Desember sampai hari ini, aku perhatikan alangkah banyaknya anak-anak muda, pekerja, pelajar yang membuang-buang waktu mereka begitu saja. Kesibukan kerja atau kuliah....ternyata bagaikan umpan yang akan menjerat banyak anak-nak muda semakin jauh dari Tuhan.

Dalam wawancara yang kulakukan pada beberapa anak-anak muda bahwa rata-rata pemuda pelajar dan pekerja di Malaysia yang warga negara ataupun pendatang, banyak yang tak mementingkan perlunya beribadah dan dekat pada Tuhan.

Di antara mereka ada yang sudah 3 bulan hingga bertahun-tahun tak ke gereja. Yang parahnya akibat pengaruh lingkungan kemajuan kota dan minimnya pengetahuan akan firman Tuhan banyak yang terjungkal dan terbawa kepada kepercayaan diluar kristen, mereka tinggalkan Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan hidupnya.

Beberapa masalah penyebab mereka kurang gigih mencari Tuhan adalah :

1. Memang dari kampung halaman mereka juga kurang aktif beribadah.
2. Tak ada yang mengajak mereka ke gereja sebab tak tahu dimana ada gereja.
3. Pemikiran yang keliru bahwa di Kuala Lumpur akan sulit beribadah karena ketatnya jam kerja atau perkuliahan.
4. Kurangnya perkunjungan atau promosi dari lembaga pelayan atau perkumpulan yang ada di kota kota di Malaysia.

Ancamanya terhadap putra-putri kristen bukan tak sedikit. Sebab pencampuran budaya yang datang dari berbagai suku bangsa di Asia bila tidak dikontrol oleh firman Tuhan maka akan banyak yang ditelan rayuan gombal dan janji janji manis para pemburu cinta.

Problema ini memacu saya membagikan beban menginjil ini terutama di awal tahun 2011 supaya setiap kita memerlukan pentingnya beribadah kepada Tuhan seraya senang menyaksikan kebaikan Tuhan serta memberitakan Kabar Baik kepada rekan-rekan atau orang-orang yang kita jumpai saat kita melakukan aktifitas.


TUGAS UTAMA PEKABAR INJIL AWAM

Oleh : Hotben Siahaan

Sebagai orang-orang yang aktif di luar rumah, mereka akan berjumpa dengan banyak orang dari berbabagai macam tingkat sosial, agama, karakter dan suku bangsa. Dan umumnya mereka sangat cepat bergaul, senang bercakap-cakap dan pandai melihat situasi dan peluang.

Karena itu mereka menjadi ujung tombak kemajuan gereja dan pelipatgandaan jemaat Tuhan seperti gerakan pekabaran Injil jemaat mula-mula atau gerakan Pekabaran Injil di dataran China.
Tidak heran bila mereka merasakan kasih sayang Tuhan maka tak ada alasan malas, capek, takut dan rugi. Mereka senang bersaksi, berdoa, membagikan literature rohani: traktat, brosur, undangan, buku rohani, majalah rohani, Alkitab, kaset, vcd rohani dan berbagai perlengkapan rohani yang selalu ada di saku atau tas mereka.*

Mengapa Kita Melayani ?

Ada tiga alasan mengapa kita harus melayani Tuhan dengan cara penginjilan face to face ini adalah :

AREA
Luasanya area ladang misi kita yang terbentang luas di kepulauan Nusantara, Malaysia hingga bangsa Asia. Artinya negeri yang kita tempati amatlah luas, bagaimana mungkin kita boleh menjangkau semua ini bila tak memulai dari hal yang terdekat saja ? Seperti penangkap ikan menggunakan jala, maka kita boleh menjala step by step…

Lihatlah Yesus begitu sistematis memakai orang orang yang menjadi murid-Nya dimana dikemudian hari jadi team penginjilan-Nya. Petrus dan kawan-kawan para nelayan pantas pula jadi penjala jiwa, sedangkan Paulus yang pandai niaga dan tata Negara secara internasional ia mampu layani banyak bangsa-bangsa dan para pemimpin lintas negara sebab kemampuannya cukup untuk itu.

Jadi siapa anda berikut keahlianmu, maka dengan itu pula anda dipakai Tuhan, di tempat yang ditentukan Tuhan pula…..

Ingat dan praktekkan baik-baik bahwa karir, profesimu adalah alat strategi mencapai orang-orang yang akan anda layani....

TUAIAN
Banyaknya tuaian jiwa-jiwa yang sudah menguning siap dibawa ke lumbung Tuhan. Artinya, dunia ini adalah ladang Tuhan yang perlu kita tuai bagi Dia. Tapi amatilah dengan seksama ada beberapa negeri di dunia ini, yang ladang itu (jiwa) sudah membusuk, seperti beberapa negeri di Eropah, Kristen pendahulu ini mulai membusuk.

Di gereja saja tak banyak lagi orang muda selain orang tua di atas usia 60 tahun. Kemana anak muda, mereka tak teratrik dengan Injil, ini akibat dasar benih yang tak dipupuk dan diwariskan ! ? Malah tempat sembahyang tak berfungsi secara maksimal.
Kalau anda punya panggilan yang besar mencapai Eropah meski anda orang kampung dari belahan Asia, mengapa kau ragukan panggilan Tuhan ? Ia yang memakai dan menyertaimu. Jangan rasa kecil dan menganggap kau tak berarti…Mesti berjiwa besar, sebab Tuhan kita besar !

Siapkanlah dirimu dengan talenta dan karunia selengkap mungkin. Ingat bukan hanya pengetahuan firman Tuhan yang anda pelajari atau bahasa asing tapi bagaimana mengkomunikasikan Injil itu perlu. Entahkah anda sebagai seorang ahli musik, komputer, kesehatan, dan lain sebagainya…
Miliki hati seperti Yesus, lekas jatuh hati dan ulurkan tangan bagi mereka terutama yang lemah dan tertindas, maka TUHAN akan memakaimu luarbiasa !

PENUAI
Terbatasanya jumlah penuai, orang-orang yang terpanggil dan diperlengkapi untuk menjawab kebutuhan ladang misi, sebab sekalipun ada kebanyakan mereka kurang menguasai lapangan dan kurang trampil sehingga tidak menjawab kebutuhan ladang misi secara maksimal.
Artinya, panggilan secara pribadi adalah dasar pelayanan kita. Perhatikan waktu yang ada, dan gunakan semua kekuatan, skill, kesehatan, pengetahuan dan andalkan Tuhan.

Janganlah patah semangatmu dengan sindiran orang karena engkau mengambil keputusan untuk lebih dalam melayani Tuhan, karena seorang pelayan Tuhan siap sedia dalam segala situasi dan tetap manis memberi jawaban bagi siapa saja yang memerlukannya. Sedapat mungkin tetap bergembira meski dalam kesulitan, karena Tuhan selalu ajar kita bukan hanya melalui hal hal yang baik tapi dalam kesulitan pun ia membawa kita sehingga kita mengerti apa juga yang terjadi bagi orang lain……

Lagi dalam pelayanan ini BIAR TUHAN MAKIN BESAR DAN KITA MAKIN KECIL…."Dia mesti menjadi semakin penting dan aku semakin kurang penting" Yohanes 3:30 (Melayu). Segala kemuliaan bagi DIA saja, walau memang Tuhan memang kita sangat luarbiasa, kita tetap rendah hati dan semakin mengasihi Tuhan dan jemaat-Nya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar