Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









3.10.2012

MINI REFORMASI di TANAH INJIL

By Hotben Siahaan

Saat kaki melangkah jauh dari kampung halaman, makin bayak kita jumpai, kita lihat, dan kita dapatkan sebagai kekayaan rohani dan intelektual.


PENDAHULUAN
Pengalaman hidup di masa kecil begitu amat indah. Punya gitar yang baik dan sekolah musik di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara Indonesia, merupakan kebahagiaan sebagai anak-anak remaja Kristen. Kawan-kawan juga sama, hampir setiap rumah tangga Kristen dimana ada anak laki-laki selalunya ada gitar atau seruling di rumah mereka, sehingga bila kegiatan Natal, Paskah, Tahun Baru atau Pesta Panen dan Perayaan Kemerdekaan maka sudahlah pasti anak-anak remaja dan pemuda akan bermain drama musikal mensyukuri berkat Tuhan, termasuk aku juga.

Keadaan ini sangat menggocang dan bertanya di hatiku…..Apakah masih mungkin di masa sekarang setiap rumah tangga Kristen mampu menghadirkan suasana seperti tiga puluh tahun silam iyu ? Seperti yang ada di kampung kami di Rajamaligas Simalungun Sumatera Utara ? Juga di kampung Bawomataluo di Nias Selatan ? Ada puji-pujian dan musik yang berkumandang di tengah-tengah keluarga, bukan saja di rumah, di gereja tetapi juga di warung, di toko, di kantor-kantor, di kilang, pabrik-pabrik, di mal, di hotel, di kereta api, di bus, di klinik, di rumah sakit, di ladang, dan unit usaha lainnya, di mana setiap saat dapat mendengar pengagungan kepada Tuhan, seperti program kerajaan Inggris yang memperdengarkan nyanyian rohani di 300 desa-desa melalui tape kaset yang diputar angin.

POLA DAUD
Seperti Daud memainkan kecapi mulai dari rumahnya, ke ladang penggembalaan bahkan ke istana raja, demikianlah kiranya pola musik gereja melekat erat pada anak-anak Tuhan. Kemanapun ia pergi ia selalu tenteng kecapi dan ia bernyanyi di situ. Dan tidak main-main, setiap tempat di mana Daud bernyanyi, memuji Tuhan, tanah itu menjadi subur. Dan kemanapun ia berjalan bila ada musuh ia mampu menghajar musuh, mulai dari binatang buas sampai Goliat dapat dipenggal Daud begitu mudah. Karena Tuhan bersama Dia.

HATI YANG TAAT, MULUT YANG BESYUKUR
Kalau kita meneliti, sejauh manakah keterkaitan puji-pujian, musik terhadap kesuburan tanah, kemajuan perekonomian, dan pemerintahan ? Padahal kalau kita bandingkan tanah Indonesia dengan tanah Israel yang berbatu-batuan, seyogianya kita harus lebih subur dari Israel, tetapi mengapa terbalik ? Inti utamanya adalah hati yang taat kepada Tuhan dan mulut yang senantiasa bersyukur pada Dia. Suara kita yang diiringi musik akan mengusir roh jahat dan merubah sekitar kita karena Allah bertahta di atas pujian umat-Nya. Dan ketika kita memuji, menyembah Dia, Ia tidak saja memberkati hidup kita sendiri, tetapi Ia juga sekaligus memberkati sumber perekonomian dan tanah di mana kita berpijak.

Ketahuilah, tanah Israel itu punya kadar garam yang tinggi tetapi lihat hasil pertanian; gandum, anggur, buah-buah semua the best. Ternak mereka, hasil obat-obatan, industri juga tidak kalah dengan negara maju seperti Eropa, Amerika. Jadi utamanya adalah negeri pilihan Tuhan dan bangsa yang taat pada Tuhan!  Kemudian sebagai ekspressi kepada Tuhan melalui pujian yang penuh kuasa dan diurapi Roh Kudus ini pula akan membersihkan udara di angkasa sekaligus merusakkan jaringan kuasa kegelapan di udara. Dengan demikian berkat Tuhan tercurah dengan deras tanpa satu oknum yang dapat menghalangi dari surga. Langit mencurahkan hujan, udara mengatur ekosistim, matahari memberikan energi, dan air membawa sari makanan dan kita cukup memuji-muji Tuhan sambil menunggu panen yang baik itu. Haleluya !

Perhatikanlah perkataan rasul Paulus dan nabi Musa :
“Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” Efesus 6:12

“ Jika engkau baik-baik mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka Tuhan, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara Tuhan, Allahmu : Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu. Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu. Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar. Ulangan 28:1-6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar