Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









3.10.2012

WORSHIP LEADER

Pelajaran Musik Gereja, asuhan: Hotben Siahaan
      Istilah Worship Leader menjadi sangat populer di Indonesia sejak tahun 80-an, ketika gereja-gereja dan perhimpunan jemaat-jemaat mengalami suatu terobosan baru dari Roh Kudus. Sebelumnya orang kurang akrab dengan istilah itu, karena semula jemaat di Indonesia mengenal pemimpin ibadah itu disebut Liturgos, Pemimpin Pujian, Pemimpin Nyanyian, Pemimpin Kebaktian, atau ada yang menyebut Master of Ceremony (MC).
     Maraknya pertumbuhan persekutuan doa interdenominasi, memberi peluang baru bagi kepentingan ibadah yang kreatif dan dinamis itu. Dan untuk menjawab kebutuhan gereja dalam menyongsong gelombang Roh Kudus yang luarbiasa, bermunculanlah pusat-pusat pelatihan musik bagi calon pemimpin ibadah atau Worship Leader terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan bahkan kota-kota Kabupaten di negeri kita.
     Kata Worship Leader berasal dari dua kata bahasa Inggris “worship”, artinya : ibadah, pemujaan; menyembah, memuja, sembahyang, beribadah, memberhalakan dan “leader” artinya : pemimpin, panutan, gembong, imam, pemuka, amir.
Untuk lebih tepatnya WL atau Worship Leader adalah pemimpin ibadah dengan tugas utama membawa jemaat menyembah, memuja Tuhan dalam Roh dan kebenaran..
     Sekalipun disebut Worship Leader namun mereka juga melayani Tuhan dan jemaat-Nya untuk memuji Tuhan (Praise) dengan sikap dan ekspressi yang berbeda dengan menyembah.
Pdt. Dr. Ir. Niko Nyotorahardjo gembala Gereja Bethel Indonesia memberi pandangan tentang Penyembahan (Worship) dan Pujian  (Praise) sebagai berikut :

Pujian  > memasuki hadirat Allah.
Penyembahan  > menikmati hadirat Allah.
Pujian  > suatu luapan kekaguman dan pengagungan serta ucapan syukur akan apa yang telah dilakukan Tuhan dengan cara aktif dan demonstratif.
Penyembahan  > suatu luapan cinta kasih kepada Tuhan, lebih intim dengan Dia.

GAYA HIDUP WORSHIP  LEADER KELAS DUNIA

Benny Hinn
Pemimpin Penyembahan Yang Diurapi Akan Membawa
Orang-orang Ke Dalam Hadirat Tuhan.

Darrel Evans
Hubungan Yang Intim Dengan Kristus
 Akan Membuka Gambar Diri Dalam PelukanNya.

Bob Fits
Allah Mau Agar Kita Menghormati Dia Melalui Ekspressi Kita,
Dan Jangan Sama Seperti Kepada Yang Lain.

Abraham Laisina
Menyembahlah Hari Ini Dan Tetap Menjadi Diri Sendiri.
Untuk Bernyanyi Di hadapan Yesus Itu Adalah Lebih Baik
Daripada Mengingat Kehebatan Kita Di Hari Kemarin.

Nancy Gordon
Ketika Kita Berfokus Pada Dia,
Pesan Rohani Yang Kita Nyanyikan Dan Katakan
Akan Mengalir Secara Langsung  Dari Dia,
Dan Segenap Kehidupan Kita Menggambarkan Akan Kasih-Nya.

Darlen Zschech
Kesadaran Akan Dosa Dan Mengingat Kebaikan Tuhan,
Penting Bagi Setiap Penyembah Tuhan Yesus.


EKSPRESSI MENYEMBAH & MEMUJI DALAM ALKITAB

     Pernahkah Saudara menyaksikan seorang penyanyi di televisi atau di panggung terbuka ?
Selain mendengar suaranya yang merdu, melengking dan sangat menguasai teknik-teknik bernyanyi yang baik, tentu melihat ekspresi ketika ia membawakannya adalah hal yang sangat penting. Mustahil orang memberi applause tepuk tangan yang meriah bila ia tak memahami teknik ekspresi sebagai gambaran kedalaman imajinasi serta penjiwaan teks dan melodi lagu yang ia lantunkan.
     Lihatlah Ron Kenolly atau Darlen Zschech pemimpin pujian yang berapi-api, atau raja Daud sang maestro yang sangat menjiwai setiap lirik dan lantunan musik ketika ia menyembah dan memuji Tuhan. Kedalaman penghayatan satu tembang lagu sangat dibutuhkan untuk menghasilkan totalitas musikal yang sangat menyenangkan Tuhan dan menarik jiwa-jiwa bagi Tuhan.
     Waktu ibadah dan seminar Persekutuan Gembala Desa di gereja GKPB Kota Subang, 7-8 Oktober 2009, Kezia seorang remaja putri penatua mempersembahkan satu pujian kepada Tuhan. Ketika saya mengiringinya dengan keyboard tunggal, penjiwaan, ekspressi dan teknik bernyanyinya sudah mulai terbentuk dan hamba-hamba Tuhan dan jemaat pun tak sungkan memberi tepuk tangan karena ia dapat bernyanyi dengan baik, untuk kemuliaan Tuhan.

Dalam Alkitab kata “ m e n y e m b a h ” disebut : Shahach, Latreuo dan Proskuneo

S h a h a c h
Bersujud, bertiarap; merendahkan diri seperti budak belian atau hamba yang taat pada tuannya. Ingat peristiwa Tiang Api dan Tiang Awan, bangsa Israel tiarap menyembah Tuhan di padang gurun. Juga rasul Yohanes ketika melihat kemuliaan Tuhan di Pulau Patmos.

L a t r e u o
Melayani, mengabdi, berbakti. Artinya penyerahan hidup sebagai persembahan bagi Tuhan.
Paulus katakan “…….hidupku bukannya aku lagi tapi Kristus yang hidup  dalam aku (Gal.2:20).

P r o s k u n e o
Sikap menyembah yang sangat dalam, tetap memandang Tuhan seperti anjing memandang tuannya. Ingat perempuan berdosa yang menciumi kaki Yesus ? Lukas 7:38)
Pengorbanan, pengabdian dan kesetiaan adalah wujud kasih kepada Kristus. (Roma 12 :1).

Dalam Alkitab kata “ p u j i a n ” disebut :  Halal, Shabach, Yadah, Barak, Zhamar, Towdah, Tehilah.

H a l a l  
Halal adalah asal kata Haleluya artinya Sorak-sorai, luapan yang dahsyat, melebihi luapan para supporter pertandingan bola menyanjung team pujaanya menjebol gawang lawan. (Maz.113:1)

S h a b a c h 
Berteriak keras-keras, berseru dengan semangat. Teriakan iman yang meluap dari mulut.
Seperti: Tuhan pembelaku, Dia panglima kami !!  (Maz 117:1)

Y a d a h  
Memuji di hadapan orang lain bahwa ia adalah umat Tuhan.. (Maz.63:5)
Barak Memberi puji-pujian kepada Tuhan. Berlutut dengan tenang, menelungkup ke lantai. (Maz. 95:6)

Zhamar Memainkan musik dengan nyanyian-nyanyian. Dalam Perjanjian Baru disebut Plasmaoi. (Maz. 92:5)

Towdah  Mengangkat tangan tanda pengakuan akan kehebatan Tuhan. (Maz.50)

T e h i l a h
Menyanyi, menari dengan gembira, menggeleng-gelengkan kepala atau seperti Daud meloncat-loncat mengagungkan Tuhan, seperti orang triping.(II Samuel 6:14-16)

Majalah ASIANCROSS Journal merupakan media belajar terbuka bagi setiap
pembaca. Pada kesempatan perdana ini kami membuka lembaran pelajaran Worship Leader secara praktis dan dapat dilanjutkan melalui pertemuan seminar atau kursus kilat. Harapan kami lewat topik ini semakin menambah wawasan kita dalam berperan aktif di ladang Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar