Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









1.09.2012

"MARI MENYEMBAH DIA”






BAGAIMANA KITA MENYEMBAH TUHAN ?

Disampaikan pada Natal Gereja SIB Tegudon Kota Belud, Sabah Malaysia. 24-25 Desember 2011, Oleh Ps Hotben Siahaan

Judul ini nampaknya sederhana, tapi masih banyak jemaat belum mengetahui dengan jelas dan pasti bagaimana kita menyembah Tuhan.

Bagi saya pesta Natal dan menjelaskan pola ibadah dan penyembahan saat kelahiran Yesus adalah saat tepat menerangkan bagaimana kita menyembah Yesus. Karena inilah pola penyembahan yang real tepat saat Yesus lahir. Sebab diluar realita kehadiran Yesus di kandang domba di ladang Efrata agak sulit bagi kita membuktikan bagaimana penyembahan yang benar dan dapat diterima manusia.

Artinya penyembahan baru sebatas iman dan pimpinan Roh Tuhan, tapi bandingkanlah saat bayi Yesus ada, dimana manusia menurut iman orang diluar Kristen bahwa manusia bukanlah oknum yang boleh disembah. Yang buruknya seandai mereka benar tidak suka menyembah manusia, mengapa pula ada orang yang mau menyembah benda buatan tangan Tuhan ?

Waktu Yesus berdialog dengan perempuan Samaria di sumur Yakub, pada Yohanes 4, disaat itu Yesus juga memberitahukan tentang penyembahan yang benar, karena banyak bangsa-bangsa di dunia yang mencari dan menyembah tapi bukan kepada Allah yang benar, termasuk bangsa Israel yang disesatkan oleh bangsa-bangsa yang menjajah mereka karena kedegilan hati mereka juga.

Dalam hal inilah banyak perdebatan. Dan manusia semakin menjauh dari Tuhan, dan mencari atau menciptakan sesembahan menurut otak mereka sendiri. Dan diantara mereka yang tidak percaya selalu bertanya, mengapa bayi Yesus boleh disembah dan sampai selesai tugas-Nya hingga mati di kayu salib, dikuburkan dan bangkit lalu naik ke surga dan akan datang ke dunia menjemput orang-orang pilihan-Nya yang setia serta menghakimi orang yang tidak percaya kepada-Nya.

Inilah kemahakuasaan Tuhan dan menujukkan bahwa Yesus bukan manusia biasa, tetapi Dia adalah Allah 100 persen manusia dan 100 persen Allah.

Bagi penganut kepercayaan lain ini malah menyebutnya sesat dan tidak benar karena manusia bukanlah Allah, tetapi dalam ajaran dan kitab suci mereka hal ini juga ada kebenaran, namun karena fikirannya telah ditutupi oleh kuasa kegelapan dan tidak mau percaya akan kemahakuaasaan Tuhan sehingga berdalih untuk menolak Yesus, maka mereka hidup tanpa jaminan keselamatan yang Yesus tawarkan bagi umat manusia.

Perhatikan dengan seksama pentas penyembahan pertama saat Yesus lahir cukup jelas mengajar siapa dan bagaimana posisi Yesus dan manusia penyembahnya. Ada dua kelompok manusia yaitu para gembala dan orang majus. Mereka adalah manusia yang hatinya terbuka untuk Tuhan.

Meski manusia itu terbatas, maka Tuhan sendiri lewat malaikat membimbing mereka agar datang sujud menyembah Yesus. Dan merekalah yang menerima anugerah terbesar sebab hati mereka percaya kepada Yesus dan menyembah-Nya dengan sungguh-sungguh.

Sampai hari ini manusia banyak berdaalih dan tidak mau mengenal Yesus karena menganggap hanya Tuhan yang patut disembah, dalam arti Tuhan yang tak kelihatan yang tak dapat disentuh tangan manusia. Mereka lupa bahwa Tuhan juga punya perencanaan di seluruh ciptaan-Nya, termasuk memperkenalkan rencana lewat para nabi pada kitab Perjanjian Lama dan membuktikan kehadiran pribadi yang dinubuatkan pada kitab Perjanjian Baru, yang kita mengenalnya Imanuel, Allah beserta manusia."Sesungguhnya anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamai Dia Imanuel" - yang berarti Allah menyertai kita " Matius 1:23

Lihat dan perhatikan ini, orang Majus menyembah dan memberi persembahannya, para gembala memuji dan memberitakan kelahiran Yesus !

1. KENALLAH TUHAN YANG KITA SEMBAH !
Orang Athena menyembah allah yang tidak dikenal ! KPR 17: 22-25

Orang-orang di Asia sini juga masih banyak yang hidup dalam kegelapan. Di Malaysia dan Indonesia, setiap kali saya bepergian melayani selalu saya menjumpai orang-orang yang sebelum mengenal dan menyembah Tuhan Yesus Kristus, mereka adalah penyembah dewa, patung, roh leluhur, binatang bahkan setan yang mereka terima dari ajaran dukun penyesat.

Perhatikanlah ini;

- Natal pertama para majus dan gembala menyembah Yesus !

- Thomas berkata , : YESUS Dialah TUHAN dan ALLAHku! …Yohanes 20:28 setelah kebangkitan YESUS dari kematian bukti kemahakuasaanNya.

- Maria Magdalena, Maria yang lain….sujud menyembah Yesus setelah bangkit dari kematian ! Matius 28:8-9


Dari kondisi ini sudah jelas kemahakuasaan Yesus. Di kolong langit tak ada seorang manusia bahkan orang besar yang bisa menjalankan kondisi hidup seperti Yesus. Dari lahir, mati dan bangkit bahkan Ia kekal ! Mengenai keampunan dosa, kuasa dan hidup kekal yang Ia berikan, tak ada satu mahluk yang dapat menyamai apalagi menandingi-Nya.

2. PARA PENYEMBAH HARUS MENYEMBAH DALAM ROH dan KEBENARAN Yoh 4:23-24

Karena buta, maka manusia tak tahu siapa yang mereka sembah. Ada yang menyembah dewa, patung, binatang dan Iblis. Itulah sebabnya Allah mengaruniakan kuasa Roh Kudus supaya mata dan hati manusia yang buta dan beku mendapat cahaya dan terbuka melihat kasih Tuhan, lalu sujud meyembah Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya.

Roh Tuhanlah yang membuat kita mau menyembah Dia, sebab tanpa Roh Kudus manusia tidak akan mengerti bagaimana menyembah Tuhan, malah sebaliknya mereka akan menghina dan menjauh dari Tuhan akibatnya sengsara dan murka Tuhan yang mereka terima.

3. BERKAT DALAM MENYEMBAH !

- Ada sukacita, bahagia….Mazmur 16:11
- Kuasa dan kemenangan dan roh jahat dihancurkan….Daud main kecapi 1 Samuel 16:23
- Kelepasan dan pertobatan di penjara Pilipi ..KPR 16:25-34
- Saat tepat menerima kuasa dan pengutusan dari TUHAN !.....Matius 28:16-28

Banyak berkat Tuhan dimasa hidupnya di bumi ini, bagi umat-Nya yang senang hati memuji dan menyembah Dia. Dalam kitab Yesaya pasal 48 ayat 16-17 dikatakan bahwa kehidupan mereka yang taat dan menyembah Dia maka hidup mereka dipenuhi damai seperti sungai yang tak pernah kering dan kebahagiaan seperti gelombang laut yang tak pernah berhenti, Haleluya.

Selamat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012

1 komentar:

  1. Perlu menjelaskan kepada jemaat juga orang lain mengenai pribadi Yesus yang kita sembah !

    BalasHapus