Terimalah Berita Baik melalui internet anda !

"But when the Holy Spirit comes upon you, you will be filled with power, and you will be witnesses for me in Jerusalem, in all of Judea and Samaria, and to the ends of the earth..."Acts 1:8






Dengarkan Siaran ASIANCROSS Radio Pemenang !









1.12.2012

ORANG BONGGI Part 1














By: Hotben Siahaan

Puji Tuhan, senang sekali boleh jumpa kawan-kawan. Aku mau bagikan pengalaman dan oleh-oleh buat anda !

Mengenal selayang pandang sebuah komunitas yang masih tertinggal di awal tahun baru 2012 adalah seperti membuka lembaran baru bagi visi dan misi kerja-kerja kita di ladang Tuhan.

Orang suku “Bonggi” adalah salah satu penduduk yang pertama mendiami pulau Banggi yang berada tepat di ujung utara pulau Sabah, Borneo, Malaysia Timur.

Menurut pengakuan mereka sendiri bahwa mereka adalah suku asli dan beberapa puluh tahun lalu masih sangat jauh tertinggal. Sebagaimana layaknya orang-orang primitive, mereka juga jauh dari jangkauan manusia, bahkan pemerintah, karena mereka suka tinggal di hutan pedalaman yang ada di sekitar tepian sungai.

Dalam perbincangan di kapal motor di pelabuhan Banggi, pada awal tahun baru ini, seorang bapa warga asli orang “Bonggi” yang sekaligus sebagai ketua sidang di gereja SIB Lubuak Darat mengatakan bahwa populasi sukunya ini sekarang sekitar 2000 orang saja. Artinya sangat sedikit, jauh dibawah suku minoritas menurut hitungan Indonesia sekitar 10 ribu jiwa ke bawah.

Kepercayaan yang dianut orang suku ini, adalah kepercayaan kafir, islam dan Kristen. Dalam konteks pelayanan di seluruh pulau ini ada 5 gereja dalam ukuran kecil yang anggotanya dari suku bonggi dan para pendatang dari Sabah ternmasuk dari pekerja asal Indonesia dan Filipina.

Dalam bidang pendidikan, khusus orang bonggi belum ada yang tinggi. Paling tinggi baru tingkat sekolah menengah saja, dan bagi mereka rupanya sangat berminat belajar ilmu pengetahuan umum apalagi Alkitab, supaya mereka maju dan tidak dibiarkan begitu saja karena tak mampu berbicara dan tak tahu kebenaran yang membebaskan hidup manusia.

Yohanes 8:31. Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku
8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Doakanlah kelompok suku orang Bonggi ini, karena mereka berharga di mata Tuhan, Haleluya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar